"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

Pesawat Komersil Bermesin Jet Pertama

Share on :

pesawat DH106 Comet 1 saat mendarat di Uganda pada 1952 (Wikimedia Commons / UK Government)
Pesawat De Havilland Comet 1 terbang untuk kali pertama di rute London - Johannesburg

Tepat 60 tahun lalu, pesawat komersil bermesin jet pertama di dunia, De Havilland Comet 1, memulai layanan penerbangan dari London (Inggris) menuju Johannesburg (Afrika Selatan).


Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan, para penonton bersorak saat pesawat dengan mesin BOAC Comet G-ALYP itu lepas landas dari bandar udara London pukul 15.12 waktu setempat dengan membawa 36 penumpang.

Debut Comet 1 itu menandakan dimulainya era penerbangan komersil dengan menggunakan mesin jet sekaligus merupakan pencapaian inovasi teknologi Inggris.
Penerbangan dari London menuju Johannesburg itu berjarak hampir 7.000 mil dengan waktu tempuh 23 jam 40 menit. Selama penerbangan, pesawat Comet 1 singgah di lima kota, yaitu Roma, Beirut, Khartoum, Entebbe, dan Livingstone.
Selama setahun pertama melayani penerbangan komersil, Comets membawa 30.000 penumpang. Ini termasuk sejumlah tokoh terpandang, yaitu Ratu Elizabeth II beserta ibunya dan adiknya, Puteri Margaret.
Hingga beberapa dekade berikut, Comet diproduksi dalam beberapa seri. Namun, setelah mengalami sejumlah kecelakaan fatal, Comet mengakhiri produksi pesawat pada 14 Maret 1997, dengan seri terakhir Comet 4C XS235.sumberinfo

0 komentar:

Poskan Komentar

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 0899 8 933339 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Arsip Blog

Info Musik