"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

Hari ini, 5 Mei 2012: Supermoon Muncul Lagi

Share on :

Jangan lewatkan supermoon hari ini. Fenomena ini terjadi saat Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi, yaitu 357 ribu km dimana jarak rata-rata Bulan dengan Bumi biasanya adalah 384 ribu km.Menurut space.com (30/4), supermoon pada 5 Mei ini merupakan jarak bulan dengan Bumi yang paling dekat di tahun 2012 ini, sehingga Bulan akan lebih besar dan lebih terang hingga 16 persen dari rata-rata.

“Ini kaitannya dengan jarak terdekat Bulan dengan Bumi. Bulan terlihat lebih besar dari biasanya, namun biasa susah untuk membedakannya,” kata Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (2/5/2012).



Supermoon (sumber : blogspot.com)




Ini merupakan fenomena alam yang jarang terjadi. Menurut Djamaluddin, supermoon adalah istilah astrologi yang mengaitkan dengan potensi bencana. Namun secara astronomi tidak terlalu istimewa.
Fenomena ini terjadi karena orbit Bulan bukanlah lingkaran sempurna. Pada 28 November mendatang akan terjadi fenomena yang berkebalikan dengan supermoon. Di akhir tahun nanti, saat Bulan purnama, Bulan sedang berada di titik terjauh dari Bumi. Sehingga Bulan akan tampak kecil dan redup.
Supermoon sebelumnya terakhir kali terlihat pada Maret 2011.

0 komentar:

Poskan Komentar

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 0899 8 933339 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Arsip Blog

Info Musik