"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

Lindungi Diri Anda di Social Media

Share on :

 Lindungi Diri Anda di Social Media
Saat ini, orang sangat sangat menggemari penggunaan social media sebagai sarana untuk berinteraksi dengan orang lain dan juga untuk mengembangkan bisnis. Website social media telah menjadi saran yang ampuh. Orang-orang sudah mengetahui kekuatan social media dan kehadirannya telah membangun komunitas yang kuat. Namun, social media telah disalahgunakan untuk hal-hal yang jahat. Apa itu social media? Bagaimana melindungi identitas Anda dari penjahat online?


Social Media
Apa yang dimaksud dengan social media? Social media merupakan media online tempat orang-orang bisa berpartisipasi dan saling berbagi secara online. Hal ini bisa dilakukan melalui web ataupun teknologi mobile dan bersifat interaktif.
Beberapa bentuk social media misalnya forum, blog, microblogging, wiki, podcast, video, social networking dan social bookmarking. Berikut ini beberapa contoh social media yang terkenal:
  • Blog / Microblog
    Contoh: Twitter, Blogger, Wordpress
  • Wiki
    Contoh: Wikipedia
  • Forum
    Contoh: Kaskus
  • Video
    Contoh: Youtube
  • Foto
    Contoh: Flickr, Picasa
  • Social networking
    Contoh: Facebook
  • Social bookmarking
    Contoh: Digg, Delicious, Reddit, Lintasberita
  • Virtual game worlds
    Contoh: World of Warcraft
  • Virtual social worlds
    Contoh: Second Life

Waspada Menggunakan Social Media
Di semua social media ini, Anda diwajibkan mendaftar terlebih dulu. Setiap pendaftar tidak akan diverifikasi terlebih dulu apakah semua data-data yang dimasukkan adalah benar atau tidak. Banyak orang membuat profil palsu sebagai orang lain, padahal dengan tujuan jahat. Dengan kata lain, social media tidak memiliki akuntabilitas.
Lalu Anda juga akan membuka diri kepada komunitas dari seluruh dunia. Hal buruk dan berbahaya yang bisa terjadi adalah data dan kebiasaan Anda akan disalahgunakan di dunia maya. Apa yang harus dilakukan untuk melindungi akun social media Anda dari penjahat online?
Para pembajak identitas ini menyalahgunakan social media dengan merusak profil dan reputasi orang lain. Cara lain adalah dengan mencuri identitas Anda dengan sedikit melakukan survey mengenai Anda. Hal ini bahkan bisa menghancurkan karir profesional seseorang dan bahkan bisa membuat stres orang lain.
Begitu para penjahat berhasil membajak identitas Anda, mereka akan mencoba menipu teman-teman Anda. Beberapa kasus, para penjahat ini meminta mengirim uang dari teman-teman Anda dengan mengatasnamakan diri Anda. Bahkan beberapa mengancam akan menghancurkan reputasi Anda jika tidak dibayar. Mereka dapat mengeruk keuntungan pribadi dari profil Anda yang sudah dibajak.

Lindungi Diri di Social Media
Cara termudah untuk melindungi diri di social media adalah dengan mengetahui kebiasaan para penjahat online. Banyak ancaman Internet yang terjadi di dunia online. Berikut ini beberapa kebiasaan mereka.
  • Membajak Email
    Cara termudah penjahat online adalah dengan membajak alamat email Anda. Kemudian mereka akan login ke situs-situs social media dengan menggunakan email Anda dan menggunakan fasilitas "Lupa Password" untuk mendapatkan password yang dikirim ke email Anda.
    Solusi: Selalu amankan email Anda. Salah satu cara termudah adalah selalu secara rutin ganti password email Anda. Kemudian jika Anda mulai menerima email permintaan penggantian password dari website social media, segera waspada dan ganti email di social media tersebut.
  • Menyelidiki Kehidupan Anda
    Cara lain yang sering digunakan adalah dengan menebak password Anda dengan menyelidiki diri atau kegiatan Anda. Banyak orang mencantumkan sebanyak mungkin termasuk hal pribadi dalam profil mereka. Hal ini membuka peluang bagi para penjahat untuk mengumpulkan informasi tentang Anda. Hal yang sederhana seperti memasukkan nama pasangan Anda, tanggal lahir, tempat lahir maupun hal lain yang menarik dari profil Anda sebagai dasar untuk menebak password.
    Solusi: Jangan gunakan hal-hal yang mudah ditebak sebagai password Anda. Gunakan kombinasi yang sulit ditebak untuk password Anda. Cara terbaik adalah dengan mengkombinasikan huruf besar, huruf kecil dan angka dalam password Anda.
  • Spyware
    Seorang penjahat Internet biasanya akan mengirimkan Anda program yang menarik atau mengirim link untuk download program bagus. Bahkan email tersebut seolah-olah berasal dari teman Anda sendiri. Namun di balik program tersebut, ada program jahat yang disebut keylogger. Program ini akan membuat semua yang Anda ketik dikirim kepada si penjahat. Dengan mudah mereka akan tahu user dan password Anda untuk login ke website social media.
    Solusi: Jangan mengklik link apapun yang terlihat asing dan dikirim ke email Anda, apalagi yang kelihatannya menarik. Gunakan antivirus dan program keamanan Internet yang sudah terkenal untuk memeriksa isi email atau link tersebut. Aktifkan fitur keamanan di browser Internet Anda dan selalu gunakan browser Internet terbaru yang saat ini tersedia gratis.
  • Phising
    Biasanya para penjahat mereka akan mengirim junk email yang berisi link atau tautan menuju website lain yang mirip dan Anda akan login ke website "email" palsu tersebut, sehingga user dan password Anda akan disimpan pembajak. Misalnya mereka mengirim pemberitahuan palsu untuk memperbarui data Anda dan meminta Anda segera login dengan klik link yang dikirim pada email tersebut.
    Solusi: Jangan mengklik link apapun yang terlihat asing dan dikirim ke email Anda misalnya untuk memperbarui data Anda. Cara paling aman adalah selalu ketik alamat website penyedia email seperti mail.yahoo.com atau www.gmail.com langsung di kotak alamat browser Anda. Lalu login dengan cara yang normal di website tersebut.

Cara lain untuk mengamankan identitas Anda di Internet adalah dengan cara berikut:
  • Gunakan kombinasi yang sulit untuk password, yaitu kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka.
  • Saat login, pilih https ketimbang http jika ada opsi untuk menggunakan https.
  • Jangan klik link yang mencurigakan, bahkan dari teman sendiri yang tidak biasanya mengirim link.
  • Jika ada yang mengirim pesan ke akun Anda, selalu selidiki permintaannya.
  • Jika ada pilihan membuat pertanyaan bantuan untuk pemulihan akun saat lupa password, gunakan pertanyaan dan jawaban yang sulit ditebak orang lain.
  • Hindari akses website social media di komputer yang tidak terjamin keamanannya, apalagi di warnet yang reputasi dan sistem keamanannya kurang bagus. 
 
Social media 
seperti Facebook, Twitter, Youtube, atau blog bisa sangat bermanfaat. Namun selalu waspada, karena identitas dan profil Anda memang harus dilindungi. Hindari orang lain membajak akun Anda di social media yang akan mendatangkan kerugian besar bagi Anda.sumberinfo

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 0899 8 933339 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Arsip Blog

Info Musik