"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

Info Adakah manfaat rokok? -mchoyBLOGinfo

Share on :

adakah manfaat rokok ??

Kebanyakan dari kita yang bukan perokok tidak mengetahui manfaat rokok. Selama ini merokok selalu dihubungkan dengan hal-hal negatif, diantaranya penyakit paru-paru, pencetus berbagai kanker, impotensi, juga dapat meracuni bayi dalam kandungan. Ternyata saya belajar bahwa terdapat sisi positif dari merokok.

Merokok menghilangkan stres

Jika kita bertanya manfaat merokok pada seorang perokok, kebanyakan jawabannya adalah untuk menghilangkan stres. Hal ini disebabkan merokok bisa menciptakan suatu kondisi tubuh yang tahan stres, kecemasan serta depresi.

Merokok melonggarkan pernapasan

Hal ini menjadi kontradiktif dengan pendapat bahwa merokok menimbulkan sesak napas. Berikut penjelasannya: merokok dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan terutama penyakit paru-paru termasuk sesak. Tetapi untuk jangka pendek dapat membuat perokok merasa pernapasannya longgar. Proses anda menghisap dan mengeluarkan asap rokok ternyata membantu tubuh merasa rileks dan tenang.
Pada seseorang yang mengalami panik dan stres, maka seorang dokter akan menyarankan pasien untuk berlatih pernapasan. Ini disebut relaksasi pernapasan. Seorang pasien akan diminta untuk menarik napas dalam dan menahannya selama 1-2 detik sebelum kemudian melepaskannya. Proses ini persis sama dengan merokok. Pola bernapas seperti ini akan memperlambat denyut jantung dan mengendorkan otot-otot, khususnya otot leher dan punggung, yang sering tegang pada situasi stres.

Merokok di luar rumah membuat tenang

Bagi anda perokok, cara sederhana untuk mengatasi stres yaitu pergi ke luar untuk merokok. Sebagai contoh saat anda bermasalah dengan pasangan atau sedang menghadapi deadline pekerjaan, anda bisa mengambil manfaatnya. Yaitu:
  • berhenti sejenak dan melepaskan diri dari penyebab stres (stresor)
  • menghirup udara terbuka dan segar
  • meninggalkan lingkungan yang menyebabkan stres
  • mendapatkan ruang dan waktu untuk berpikir lebih jernih tentang masalah-masalah anda secara obyektif
  • lingkungan sekitar membantu pikiran anda jernih dan rileks

Nikotin sebagai anti kecemasan dan depresi

Kandungan di dalam rokok yang berperan penting dalam menghilangkan stress yaitu nikotin. Nikotin adalah suatu bahan kimia yang dapat menghilangkan rasa cemas dan depresi secara ringan dan sementara. Pada saat anda merokok, nikotin akan bereaksi di otak dalam beberapa detik. Nikotin membuat otak kita merasa lebih baik, dan menghentikan reaksi berantai antara kecemasan dan depresi yang terjadi. Diantara pecandu nikotin mengklaim bahwa 1/3 dari mereka bisa mengatasi masalah kecemasan dan depresinya sendiri.
Mengetahui manfaat merokok, dapat membuat wawasan kita terbuka. Ternyata ada sisi baik dan buruk pada merokok. Jika anda seorang perokok, pertimbangkanlah secara bijak apakah manfaat merokok lebih besar daripada potensi buruknya bagi kesehatan anda. Selanjutnya terserah pada anda.sumber info


JANGAN LUPA...LIKE THIS YAA..?

0 komentar:

Poskan Komentar

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 0899 8 933339 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Arsip Blog

Info Musik