"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

Khasiat Lobak : Ampuh Netralkan Racun Rokok

Share on :

Lobak yang selama ini biasa digunakan dalam campuran soto ternyata memiliki kandungan asiri yang patut dicoba sebagai penetral racun rokok di dalam tubuh.
Herbalis di Condongcatur, Sleman, Martanto mengatakan, tanaman yang memiliki nama latin Raphanus sativus ini termasuk jenis tanaman musiman. “Banyak orang bingung mau buat apa, kalau susah bisa buat obat kesehatan,” katanya, Rabu (29/8).

Batang lunak berbentuk umbi bewarna putih pucat itu sebelumnya telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal di China terkait beberapa jenis penyakit. Lobak merupakan sayuran rendah kalori yang tidak mengandung lemak. Bahkan, bagus juga untuk menghilangkan lemak di tubuh.


Menurut Martanto, kandungan utama lobak yaitu serat makanan yang bisa membangkitkan energi. Meski mengandung serat tinggi dan rasa kurang sedap, sayur mirip wortel itu juga mengandung vitamin C.


“Nah, vitamin C itu yang dapat membantu menetralkan racun seperti endapan asap rokok dalam tubuh karena lobak ada minyak asirinya,” kata Tanto.


Kerja lobak dalam menetralkan didukung banyak senyawa yang dikandung seperti antioksidan vitamin C dan asiri yang bersifat membersikan. Cara menetralkan racun rokok yakni dengan meminum air perasan lobak setiap tiga bulan sekali.
 

Lobak juga dipercaya melancarkan sistem pernafasan, mencegah infeksi dan alergi.


Selain itu kandungan vitamin C yang dimiliki juga memiliki fungsi menjaga tubuh dari serangan flu hingga penyakit seperti diabetes dan jantung.


Tak hanya vitamin untuk kekebalan sistem tubuh, karena lobak juga mengandung senyawa lain di antaranya vitamin K, B6, niasin, asam folat, dan pantotenat.


Konsumsi lobak secara rutin juga dipercaya dapat merawat kesehatan kulit, karena vitamin C didalamnya bekerja sebagai antioksidan dan dapat menghambat senyawa melanin yang tidak baik untuk kulit.


Sedangkan sifatnya yang kaya serat, pedas dan berair memungkinkan juga sebagai pilihan sayur buah untuk variasi menu diet. (JIBI/aw)


di kutip dari kabar24.com


Diposkan kembali oleh mchoybloginfo

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 0899 8 933339 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Arsip Blog

Info Musik