"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

Ilmuwan Pecahkan Misteri "Larva Monster"

Share on :

detail berita
(ki-ka) Cerataspis monstroa dan Plesiopenaeus armatus (foto: Live Science)
WASHINGTON - Selama hampir dua abad, para ilmuwan menemukan sesuatu yang mereka sebut "larva monster" dan kebingungan membayangkan bagaimana larva itu saat dewasa. Kini seorang ahli biologi yakin telah menemukan versi dewasa larva tersebut.

"Rasanya sangat bersemangat untuk bisa memecahkan teka-teki yang telah berusia hampir 200 tahun," ujar profesor biologi di George Washington University, Keith Crandall seperti dilansir dari Live Science, Rabu (29/8/2012).

Melalui bukti genetik, Crandall melaporkan di jurnal Ecology and Evolution bahwa larva bernama latin Cerataspis monstroa itu sebenarnya merupakan bayi udang perairan dalam, Plesiopenaeus armatus.

Menemukan kecocokan ini tidak semudah menemukan larva yang sama di versi lebih besar, pasalnya bentuk bayi serta bentuk dewasa hewan tersebut sangat berbeda.

Menurut peneliti, Cerataspis monstroa memiliki tubuh yang tebal dan dilapisi pelindung dengan ornamen tanduk yang unik. Ikan sirip kuning, tua sirip hitam dan lumba-lumba cenderung memangsa larva berbentuk aneh ini. Di perut kedua ikan predator itu pula para ilmuwan berhasil menemukan larva monster.

Versi dewasanya yang bernama Plesiopenaeus armatus hidup perairan dalam samudra Atlantik dan cenderung terlihat mirip lobster. (yhw)sumberinfo

Diposkan kembali oleh mchoybloginfo

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 0899 8 933339 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Arsip Blog

Info Musik