"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

HTC One V, Sederhana tapi Bertenaga

Share on :

foto

SPESIFIKASI
Sistem operasi: Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Prosesor: Qualcomm Snapdragon MSM8255, 1 GHz
Kartu grfais: Adreno 205
Kapasitas simpan: 4 GB plus slot microSD sampai 32 GB
Total RAM: 512 MB
Layar: Kapasitias Super LCD 2 3,7 inci (480 x 800 piksel)
Kamera: 5 MP dengan autofocus dan LED flash
Port: 3,5 mm jack audio; microUSB
Konektivitas: Wi-Fi; Wi-Fi Direct; Wi-Fi hotspot; Bluetooth
Baterai: Lithium Ion 1.500 mAh
Warna: Hitam dan abu-abu
Dimensi: 120,3 x 59,7 x 9,2 mm
Berat: 115 gram

KELEBIHAN

- Kinerja cepat
- Fungsi kamera bagus
- User Interface menarik

KEKURANGAN
- Tak ada short-cut ke kamera
- Desain lawas

HTC One V adalah model paling sederhana dari tiga bersaudara ponsel cerdas HTC One. Dua versi lainnya, HTC One S dan X, menonjolkan kehebatan prosesor dual-core dan quad-core.

Ketiganya tampil untuk pertama kali di hadapan publik pada perhelatan Mobile World Congress 2012 di Barcelona, Spanyol, Februari lalu.

Dua bulan kemudian, barulah ketiga ponsel cerdas, yang semuanya mengusung platform Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich, ini sampai di Indonesia.

Kali ini, Tempo kedatangan salah satu jenis smartphone buatan Cina ini untuk segmen pasar entry-level, HTC One V. Satu unit smartphone ini dipatok seharga Rp 2,999 juta.

DESAIN

Saat dilihat untuk pertama kali, ponsel ini mengingatkan kita pada HTC Legend, yang dirilis pada Februari 2010.

Ciri khasnya terletak pada lengkungan di bagian bawah yang mengikuti lekukan dagu. Cekungan ini membuat mikrofon di sudut kiri telepon seluler itu lebih dekat ke bibir.

Hampir sekujur tubuh HTC One V dilapisi bahan aluminium, kecuali di bagian bawah belakang tempat lekukan tadi.

Di sana terdapat penutup yang terbuat dari plastik lunak. Jika ditarik ke bawah, di dalamnya akan terlihat slot untuk menyisipkan kartu SIM (bukan micro-SIM) dan kartu microSD.

HTC One V menganut desain unibody alias tanpa celah dan sekrup. Ini membuat Anda tak dapat melihat seperti apa baterai dan “jeroan” ponsel tersebut.

Di sepanjang tepi kanan dan kiri, tersedia port MicroUSB dan tombol pengatur volume. Adapun di sisi atas terdapat tombol Power dan jack audio 3,5 milimeter.

LAYAR

Bentang layar HTC One V terbuat dari Panel Super LCD selebar 3,7 inci. Resolusinya mencapai 800x480 piksel dengan kerapatan 252 piksel per inci.

Anda tak perlu khawatir layar akan cacat jika menyisipkan ponsel ini di saku bersama kunci. Sebab, display tersebut sudah dilapisi Gorilla Glass yang terkenal antigores.

Seperti biasa, HTC tak pernah mau mengikuti tampilan antarmuka bawaan Android. Ia membuat user interface sendiri bernama HTC Sense UI versi 4.0.

Ponsel ini masih menampilkan keterangan waktu dalam bentuk persegi ukuran besar plus perkiraan cuaca dan temperatur udara. Namun, kali ini visualisasi cuaca lebih menarik karena bumi, awan, serta petir dan hujan dibuat dalam bentuk animasi.

Ada lima halaman muka yang tersedia. Sayangnya, tiap halaman tidak bergerak berputar (carrousel, sehingga, begitu sampai di home screen kelima, Anda harus “mundur” ke layar sebelumnya dan tak dapat “melompat” ke layar pertama.

Pada tiap home screen, Anda dapat mengatur setiap ikon aplikasi dengan mudah. Tinggal sentuh dan geser ikon yang ingin dipindahkan ke bagian atas layar.

Di bawah layar, terdapat tiga tombol sentuh untuk fungsi: Back, Home, dan Widget.

KINERJA

Sebagai ponsel cerdas dengan prosesor buatan Qualcomm Snapdragon MSM8255 berkecepatan 1 gigahertz, performa HTC One V bisa diandalkan.

Ponsel ini bisa bekerja dengan tangkas dalam membuka dan menjalankan aplikasi, seperti game, kamera, dan pemutar lagu.

Di dalam ponsel ini, terpendam baterai jenis Lithium Ion berkapasitas 1.500 mAh.

Jika terisi penuh, pasokan energinya bisa bertahan sampai dua hari untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, semisal browsing, berjejaring sosial, menulis pesan pendek, menelepon, dan mendengarkan lagu.

Hanya saja, media penyimpanan tambahan jelas dibutuhkan pada ponsel ini. Sebab, kapasitas simpannya sangat terbatas, yakni hanya 95,23 megabita.

KAMERA DAN AUDIO

Jargon HTC One V dengan kamera dan kualitas suara yang bagus memang patut diacungi jempol.

Pada bagian belakang ponsel, terdapat kamera beresolusi 5 megapiksel, yang disandingkan dengan flash LED. Di sini, Anda dapat mengambil gambar secara terus-menerus atau simultan dan memilih hasil bidikan terbaik.

Kemampuan tembak kamera juga termasuk cepat berkat HTC ImageChip. Namun layanan ini membutuhkan waktu satu-dua detik untuk menampilkan hasil “jepretan“ pada layar.

Satu catatan adalah tidak adanya jalan pintas untuk mengakses fitur kamera. Padahal short-cut ini amat penting apabila Anda harus mengambil gambar dalam waktu singkat.

Mengenai kualitas suara, teknologi Beats Audio di dalam HTC One V mampu membuat ponsel ini seperti dilengkapi sound system. Ketika digunakan untuk memutar lagu dengan volume maksimal, suaranya bisa menjangkau ruangan dengan luas lebih dari 100 meter persegi.

Meski HTC One V tergolong ponsel cerdas untuk kelas entry-level, performa yang disuguhkan tak kalah dengan saudaranya, HTC One S dan X. Bagi yang ingin beralih dari feature phone ke smartphone, TC One V layak masuk daftar pertimbangan.sumberinfo

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 0899 8 933339 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Arsip Blog

Info Musik