"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

Kenali Gejala Penyakit Jantung - Mchoybloginfo

Share on :

Setiap tahun, jutaan orang di seluruh dunia mengalamiserangan jantung. Serangan jantung membuat panik banyak orang. Baik bagi penderita maupun orang di sekitarnya. Namun, tidak semua serangan jantung mengakibatkan kematian. Tetapi,biasanya setiap pasien yang pernah mengalami serangan jantung menderita beberapa dampak lanjutannya. Dan yang paling fatal adalah ada beberapa orang yang terkena serangan jantung sudah tidak dapat tertolong lagi.

Penyakit Jantung

Jantung adalah sebuah otot dalam tubuh kita yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Ini didapatkan melalui arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar jantung.
Penyakit jantung yang paling umum terjadi adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut aterosklerosis. Sehingga penyakit jantung yang umum dikenal dan paling banyak diderita adalah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner. Penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang yang bisa menyebabkan kematian.
Apa penyebab penyakit jantung koroner? Penyebabnya adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh. Akibat penumpukan ini menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Kekakuan ini disebut sebagai aterosklerosis.

Gejala Penyakit Jantung

Berikut ini gejala yang umum terjadi bagi penderita penyakit jantung yang patut diwaspadai semua orang:
  • Nyeri dada

    Adanya rasa nyeri atau sakit di dada yang disebut sebagai angina. Jangan tertipu dengan menyangka itu hanya gangguan pencernaan biasa, karena banyak orang menyangka seperti itu padahal mereka telah mengalami gangguan pada jantungnya. Selain itu, penderita penyakit jantung akan merasakan dadanya tertekan selama 30 detik atau lebih.
  • Napas tersengal

    Penderita penyakit jantung akan mengalami gejala seperti napas tersengal-sengal dan kelelahan.
  • Keringat dingin

    Salah satu yang perlu diwaspadai jika Anda mulai sering keringat dingin, jantung berdebar, pusing dan sering merasa mau pingsan. Itu merupakan gejala penyakit jantung.
  • Kelelahan

    Beberapa orang mengalami napas tersengal-sengal atau kelelahan dan perasaan lunglai sebagai gejalanya, mengindikasikan bahwa jantung tidak mendapatkan cukup oksigen karena penyumbatan koroner.
  • Serangan jantung ringan

    Biasanya beberapa hari menjelang mengalami serangan jantung hebat, seseorang akan mengalami kontraksi otot secara tiba-tiba di dada yang merupakan serangan kecil atau serangan jantung ringan. Serangan jantung ringan umum terjadi sebelum serangan besar beberapa hari kemudian.
Jika Anda sering mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, jangan abaikan itu. Anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. Ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang lebih fatal seperti kematian.
Setelah mengenali gejala penyakit jantung, sebaiknya Anda membuat upaya untuk menghindari mendapat penyakit jantung. Bagaimana cara mencegah penyakit jantung? Lalu jika Anda atau kerabat Anda terkena serangan jantung, apa yang harus dilakukan? Beberapa tips menarik padaartikel kesehatan berikut ini bisa bermanfaat untuk Anda.

1 komentar:

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 0899 8 933339 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Arsip Blog

Info Musik