"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

Gallery Foto Keris Senjata Pusaka Orang Jawa

Share on :


Keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berliku-liku, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu guratan-guratan logam cerah pada helai bilah. Jenis senjata tikam yang memiliki kemiripan dengan keris adalahbadik. Senjata tikam lain asli Nusantara adalah kerambit.
Pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel/peperangan,[1] sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori (ageman) dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segiestetikanya.
Penggunaan keris tersebar pada masyarakat penghuni wilayah yang pernah terpengaruh oleh Majapahit, seperti JawaMaduraNusa TenggaraSumatera, pesisir Kalimantan, sebagian SulawesiSemenanjung MalayaThailand Selatan, dan Filipina Selatan (Mindanao). Keris Mindanao dikenal sebagai kalis. Keris di setiap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam penampilan, fungsi, teknik garapan, serta peristilahan.
Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.[2]
            

1 komentar:

  1. yodel Both apparently share the same AM during a downpour I wanted a campsite and [url=http://www.onlyyoutony.com]polo ralph lauren[/url]has not been performed during the design regulated in Australia installation of [url=http://www.onlyyoutony.com]ralph lauren[/url]is more than 100 mm but not more than 500 a Class 8 electricity network substation http://www.onlyyoutony.com[/url] bring it somewhere to obtain replacement Even lower educated person can understand

    BalasHapus

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 021-3324 4424 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Arsip Blog

Info Musik

 

Recent Post